Jumat, 18 Oktober 2013

Alat pernapasan pada hewan


Jenis Hewan
Jenis alat pernafasan
Keterangan
Burung
Paru-paru
Burung mempunyai alat pernapasan yaitu pundi - pundi (kantong) udara. Pundi - pundi udara berguna untuk menyimpan udara pada waktu terbang. Proses pernapasan burung adalah sebagai berikut : Hidung, tenggorokan, pundi - pundi udara, paru - paru. Ketika terbang pernapasan  burung berasal dari udara yang tersimpan dalam pundi - pundi udara, dan ketika tidak burung mengisi pundi - pundi
Reptil
Paru-paru
Udara masuk melalui hidung kemudian masuk ke batang tenggorokan lalu ke paru - paru.
Amfibi
Ketika muda bernapas dengan insang , setelah dewasa bernapas dengan paru-paru
 Metamorfosis katak meliputi : telur, berudu (cebong), katak muda dan katak dewasa. Berudu bernafas dengan insang. Katak muda  dan katak dewasa bernapas dengan paru - paru dan kulit.
Ikan
Insang
Ikan bernapas dengan insang yang berjumlah empat pasang. Ikan memiliki gelembung renang yang berguna sebagai penyimpan oksigen dan pengatur gerak naik turun. Bagi ikan yang hidup ditempat yang kurang air (lumpur) mempunyai lipatan - lipatan insang disebut labirin. Labirin dapat menyimpan cadangan oksigen.
Serangga
Trakea
Trakea adalah pembuluh - pembuluh halus yang bercabang yang  memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. Stigma adalah lubang yang terletak  di sisi  tubuh bagian kiri-kanan. Stigma berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara.
Cacing
Kulit
 Cacing tidak mampunyai alat pernapasan khusus, cacing bernapas melalui permukaan kulit tubuhnya  yang basah. 
Mamalia
Paru-Paru
Semua hewan mamalia, baik mamalia darat maupun mamalia air bernapas dengan paru - paru. Seekor lumba - lumba dan paus mengeluarkan kepalanya ke permukaan air untuk menghirup udara  dan setelah lama menyelam kembali ke permukaan air untuk menghembuskan udara lembab dan hangat dari paru - paru.

0 komentar:

Posting Komentar